“Parangtritis” pantai yang indah

Legenda daerah asal mengatakan bahwa Pantai Parangtritis adalah lokasi dari kerajaan Kanjeng Ratu Kidul, penguasa dari pantai selatan di alam gaib.

Pantai Parangtritis adalah salah satu situs wisata yang harus anda kunjungi. Pada kompleks Parangtritis terdapat banyak sekali situs wisata, antara lain : Parangwedang, Pantai Parangkusumo, Dataran tinggi Gambirowati, Goa Langse dan Pamakaman Syah Belu-Belu. Pantai Parangtritis berada 27 km dari Selatan Jogjakarta. Anda dapat menjangkau Pantai Parangtritis dengan mudah karena banyak jenis transportasi menuju ke daerah Parangtritis. Tetapi tidak diijinkan untuk berenang di pantai tsb, karena ombaknya yang sangat berbahaya. Tapi anda tidak perlu takut, karena anda dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai dengan mengendarai kereta kuda atau seekor kuda sambil menikmati indahnya panorama di Pantai Parangtritis. Di sepanjang pesisir pantai anda akan ditawarkan buah kelapa muda segar dengan harga yang cukup murah.

Adapun pilihan tempat wisata di kompleks Pantai Parangtritis antara lain :

  • Dataran tinggi Gumbirowati
    Dalam Perjalanan ke Goa Langse, di sekitar Jalan Parangtritis anda dapat sampai ke Dataran Tinggi Gumbirowati. Dari dataran tinggi ini, anda akan menikmati horison indah dari Pantai Parangtritis. Bukit Gapit adalah temapt lain di sekitar dataran tinggi ini, tempat untuk naik salah satu dari Gantole.
  • Goa Langse

berlokasi di kaki dari landaian Parangtritis. Goa Langse terrenal sebagai tempat bersemedi, dan masih banyak tempat sejenis di sekitar daerah ini, seperti : Goa Tapan, Mata air Beji, Goa Siluman. Dalam bukunya, Dr. Hermanus Johannes de Graaf , seorang ilmuwan Belanda yang mempelajari budaya Jawa, mengatakan bahwa Goa langse adalah Goa Kanjeng Ratu Kidul yang sering dikunjungi raja Mataram. Katanya, Syekh Siti Jenar dan Sunan Kalijaga pernah bersemedi disini.

  • Daerah Pemakaman Syeh Belu-Belu
    Daerah Pemakaman yang sakral ini berada di bukit pemancingan. Pada hari tertentu, berbagai orang akan kunjungan untuk melakukan kebaktian disini, khususnya pada malam sebelum pada hari Jumat dan Kamis dalam hari Kliwon (salah satu dari 5 hari Jawa yang dikeramatkan).
  • Gumuk ( satu-satunya bukit pasir di Asia Tenggara )
    Bukit pasir yang menjalar ini dinamakan Gumuk. Gumuk pada daerah ini adalah fenomena yang jarang terjadi pada daerah tropis yang lembab ; bahkan gumuk ini adalah satu-satunya di Asia Tenggara. Tempat yang hampir sama dengan Gumuk ini terdapat di Arab Saudi dan Gurun Gobi (China).
    Gumuk merupakan reaksi alami yang terbentuk selama ribuan tahun. Beberapa jenis bentuk Gumuk yang langka yang terdapat di ParangKusumo antara lain : barchan, sisir parabola dan bukit pasir logitudinal.
  • Parangwedang
    Parangwedang adalah mata air panas yang kaya akan mineral ( kandungan terbanyaknya antara lain : Na, Cl dan Mg ). Uniknya, elemen Sulfur yang paling banyak ditemukan di mata air panas tidak ditemukan disini.

~ oleh lumi pada Agustus 20, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: